Bisnis Makanan Ringan

Memiliki bisnis makanan ringan kelihatannya mudah dan menarik untuk dilakukan, tapi ternyata tak semudah yang dibayangkan. Penyebabnya karena banyaknya persaingan di bisnis ini. Tapi Anda tidak perlu khawatir, bila ingin memulai bisnis makanan ringan, ada beberapa strategi sukses dalam menjalankan bisnis makanan ringan, yakni: Kemasan Yang Menarik.  Membuat kemasan yang beda dengan yang lainnya. Hal ini akan memberikan stimulan pada pelanggan baru untuk mencicipi produk anda. Rasa Enak dan Khas.  Setelah kemasan terlihat menarik, perhatikan juga rasa dari makanan yang ditawarkan. Jangan cuma enak tapi juga harus memiliki kekhasan tersendiri. Dalam menciptakan makanan yang enak dibutuhkan proses. Kenapa harus beda rasanya? Karena jika rasanya sama dengan produk sejenis, bisnis anda tidak memiliki kelebihan sehingga orang hanya akan memperhatikan harga. Artinya harga termurahlah yang akan dipilih pembeli. Akhirnya yang ada hanya perang harga antara anda dan kompetitor. Anda harus keluar dari persaingan harga karena usaha anda akan sulit berkembang. Sediakan Sample Jika produk anda belum begitu dikenal, untuk lebih memperkenalkannya anda juga perlu memberikan sample produk, tentunya bila makanan yang anda tawarkan memiliki rasa yang enak dan khas. Tujuannya agar orang berpaling ke produk anda karena rasanya lebih enak. Komunikasi dan Promosi Semua jenis usaha harus dikomunikasikan secara baik ke target pasar anda. Buatlah brosur sederhana yang berisi jenis makanan ringan yang anda jual, harga, dimana tempat untuk bisa membeli produk anda dan juga nomor hp/telpon anda. Product Bundling Biasanya dilakukan pada event-event tertentu, misal natal, tahun baru, lebaran dsb. Parcel adalah salah satu bentuk bundling. Berikan sedikit hiasan pada produk yang anda jual agar pas dengan momen yang ada. Terima Pesanan Sebaiknya anda juga menerima pesanan untuk berbagai acara, seperti ulang tahun, hajatan dsb. Berikan layanan yang berkesan pada semua orang yang memesan produk anda. Layanan yang baik (Service excellence) dan berkesan pada pelanggan anda akan mendorong terbentuknya pelanggan yang loyal. Pada akhirnya pelanggan loyal inilah yang akan membantu menyebarkan produk anda secara positif. Dengan demikian strategi promosi mouth to mouth akan berjalan dengan baik Demikian tips yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat, dan kalau ada yang kurang dengan strategi di atas, kotak komentar siap menampung kekurangan itu  
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Comment